Pembelajaran Membaca berbasis ICT

A.    Pembelajaran Membaca berbasis ICT

Melalui penguasaan internet, situs-situs yang berhubungan dengan kemahiran membaca adalah: http://kotob.hypermart.net; dalam situs ini disajikan berbagai macam buku-buku arab di berbagai bidang. http://www.samd.8m.com/news.htm; melalui situs ini, pengguna internet dapat membaca berita dari berbagai negara seperti Libanon, Palestina, Mesir, Bahrain, Yaman, Persatuan Emirat Arab, Saudi Arabia, Kuwait, Qatar dan lain sebagainya.

Melalui situs http://eyoon.fares.net/425/, pengguna dapat membaca majalah mingguan atau bulanan yang berbahas Arab atau bahasa Inggris dan Perancis. Untuk mengetahui puisi-puisi Arab seorang pengguna internet bisa membuka situs http://www26.brinkster.com/skbrh yang mana pengguna dapat melihat puisi-puisi Arab yang menggunakan bahasa Arab Fusha (resmi) ataupun bahasa ‘amiyah (dialek).

Untuk mendukung peningkatan kemampuan membaca dan memahami, internet menyediakan bahan-bahan bacaan yang dapat di-download secara bebas dan gratis selain juga yang ditampilkan secara online. Atau Anda juga dapat mengunjungi media masa Arab online seperti:

Sedangkan untuk menambah wawasan kosa kata istilah ilmiah Anda juga bisa mengunjungi lembaga-lembaga ilmiah pada website http://www.assr.org/. Dengan mengunjungi situs ini, Anda akan terhubungkan link ke beberapa lembaga yang ada di Arab, terutama lembaga-lembaga penelitian sosial sains.
Untuk memudahkan pencarian alamat-alamat site berbahasa Arab dalam berbagai bidang, Anda juga dapat memanfaatkan program Dalil al-Internet yang dikeluarkan oleh shamel.net yang dapat Anda download gratis di alamat http://www.shamel.net.

Selain itu Anda juga dapat men-download beberapa buku elektronik pembelajaran bahasa Arab diantaranya :

atau dapat juga men-download beberapa materi tata bahasa dalam bentuk file ber-ekstensi doc atau pdf di http://www.fatwa-online.com/downloads/dow002/, http://www.mediu.org/eMaahad/eBooks/Download/index/index.html
Selain itu, beberapa media pembelajaran bahasa Arab berbasis ICT lainnya yang biasa digunakan dalam pembelajaran membaca seperti CD interaktif Arabindo, ebook arab dan lainnya.

 

 

B.    Pembelajaran Menulis berbasis ICT

Situs-situs di internet yang menyajikan kemahiran berbahasa juga sama dengan situs-situs yang menyajikan berbicara. Antara lain :

Disamping website, dalam pembelajaran menulis bisa juga memanfaatkan program MS. Word di komputer setelah dilakukan proses instalasi program bahasa Arabnya agar bisa menulis teks dengan bahasa Arab.

C.    Pembelajaran Tata Bahasa Arab berbasis ICT

Untuk mempelajari tata bahasa Arab, saat ini sudah banyak sekali situs yang secara khusus menampilkan materi pelajaran bahasa Arab online baik dalam bahasa Indonesia, Arab, maupun Inggris. Di antara situs yang dapat Anda kunjungi antara lain:

D.    Pembelajaran Mufradat dan Tarjamah Bahasa Arab berbasis ICT

Untuk pembelajaran mufradat terdapat program aplikasi komputer dalam pembelajaran mufradat, yaitu Talk Now Arabic yang sangat cocok untuk siswa Madarasah Ibtidaiyah karena disamping siswa bisa mengenal kosa kata (mufradat) sesuai dengan gambar yang tersedia juga mereka bisa mendengarkan dan menirukan ungkapan kosa kata tersebut dengan bahasa Arab fushha.

Sedangkan untuk pengajaran penerjemahan misalnya, pengguna internet dapat memanfaatkan situs berikut:

Bahkan di web google.com, kita juga bisa mencari gambar-gambar yang mendukung pembelajaran mufradat di kelas.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.